Jumat, 11 Juni 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
IDENTITAS SEKOLAH
SMP NEGERI 2 ADALAH SEKOLAH BERSTANDART NASIONAL BERALAMAT JALAN TELAGASARI NO 67/68 TELPON.0542.421921 DENGAN KEPALA SEKOLAH BAPAK SUBANDIYA SEJAK FEBRUARI 2010
KEADAAN SMP N 2 BALIKPAPAN
Keadaan sekolah SMP Negeri 2 Balikpapan adalah sebagai berikut :
Kelas VII : 7 Kelas
Kelas VIII : 7 Kelas
Kelas IX : 7 Kelas
hari senin ,selasa, rabu dan jumat berseragam putih biru.
hari kamis batik biru dan sabtu krem atas bawah
sepatu harus hitam siswi muslim wajib berjilbab guru menyesuaikan. Kegiatan KBM 75 % guru telah menggunakan laptop. Sehingga siswa menyesuaikan dalam segala kegiatan tugas KBM.Pembiasaan siswa yang telah berjalan yaitu tadarus sebelum belajar cium tangan dengan guru ketika masuk dan pulang.
KEADAAN,GURU, TU DAN KARYAWAN
Jumlah Guru dan karyawan SMP Negeri 2 Balikpapan sebanyak 70 Orang yang terbagi atas beberapa bagian dan terdiri dari :
42 PNS, 28 karyawan seperti TU, Penjaga sekolah, kebersihan.
PENDAFTARAN SISWA BARU SMP N 2 BALIKPAPAN
Pendaftaran Siswa Baru Smp Negeri 2 Balikpapan akan dilaksanakan pada bulan juni 2010 didahului dengan pendaftaran BINA LINGKUNGAN DAN GAKIN Tanggal 25 sampai 28 juni untuk reguler tanggal 2 sampai 5 juli 2010 kemudian pendaftaran reguler. Di SMPN 2 membutuhkan siswa sejumlah 7 kelas dan setiap kelas sejumlah 40 orang
KEGIATAN SMP N 2 BALIKPAPAN
Kegiatan SMP Negeri 2 Balikpapan di lakukan pada sekolah ini dengan kegiatan pagi semua di mulai bel masuk jam 07.00 siswa masuk langsung melaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing dengan pembinaan guru , walikelas serta BK. Jam 07.15 bel mulai kegiatan KBM. KBM dilaksanakan dari hari senin sampai dengan sabtu. Kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan di luar KBM seperti, karate, basket, sepakbola, tari, seni vokal,dll
RENCANA PERSIAPAN PEMBELAJARAN KELAS VIII
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
• Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
• Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
B. Materi Pembelajaran
• Perlawanan rakyat Indonesia menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
• Lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan bermain
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Mengapa Perlawanan Diponegoro disebut Perang Jawa?”.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
• Guru menjelaskan secara garis besar mengenai bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme periode sesudah tahun 1800 dan menunjukkan lokasi perlawanan-perlawanan tersebut pada peta Indonesia.
• Bermain “Dimanakah aku?” dengan menebak gambar/foto pemimpin perlawanan terhadap kolonialisme dan menunjukkan lokasi perlawanan pada peta Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
• Menarik kesimpulan materi.
• Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 25 - 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
• Kurikulum KTSP dan perangkatnya
• Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
• Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 - 28)
• Peta konsep
• Power point
• OHP
• Buku-buku penunjang yang relevan
• Internet
F. Penilaian
• Tes lisan dengan permainan mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah.
• Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 19 – 20). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. d
2. b
3. d
4. a
5. b
B.
1. kerja rodi
2. History of Java
3. Irigasi, Emigrasi, Edukasi
4. Christina Martha Tiahahu
5. The Atjehers
MATERI PELAJARAN KOLONIALISME
1. Setelah berhasil menanamkan kekuasaannya di Indonesia maka terbentuklah kekuasaan
kolonial bangsa Barat di Indonesia. Kemudian mereka melaksanakan kebijakan-kebijakan
yang pada umumnya sangat merugikan rakyat Indonesia.
Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial tersebut, antara lain:
a. Sistem penyerahan wajib oleh VOC.
b. Sistem kerja wajib (kerja rodi) oleh Herman Willem Daendels.
c. Sistem sewa tanah oleh Thomas Stamford Raffles.
d. Sistem tanam paksa (cultur stelsel) oleh Johanes Van Den Bosch.
e. Sistem Politik kolonial liberal oleh golongan liberal.
f. Sistem politik etis oleh Van Den Venter.
2. Pengaruh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah, antara lain merosotnya
wibawa bupati, disederhanakannya upacara dan tata cara di istana kerajaan, lahirnya kaum
buruh, rakyat mulai mengenal uang dan berbagai jenis tanaman, terjadinya urbanisasi.
Terjadinya urbanisasi karena pabrik-pabrik banyak dibangun di kota-kota. Pengaruh yang paling
terasa adalah masuknya pengaruh kehidupan Barat di lingkungan rakyat.
3. Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial yang telah menyebabkan penderitaan luar biasa tersebut,
akhirnya mendapat perlawanan dari rakyat. Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang
kolonialisme Barat tersebut antara lain perlawanan Pattimura, Kaum Padri, Pangeran Diponegoro,
Hassanudin, Rakyat Banjar, Rakyat Bali, Aceh, Batak, dan Gerakan Sosial.
4. Kedatangan bangsa Barat di Indonesia, berhasil menanamkan kekuasaannya di Indonesia
juga menyebarkan agama Kristiani. Penyebaran agama Kristen berlangsung terutama di
daerah Maluku (Ambon), Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur
LATIHAN SOAL IPS KELAS VIII KOLONIALISME
1. Tugas pokok Herman Willem Daendels dikirim
ke Indonesia adalah untuk melaksanakan
....
a. mempertahankan pulau Jawa dari
ancaman Inggris
b. memimpin rakyat pulau Jawa melaksanakan
kerja rodi
c. membangun jalan raya dari Anyer sampai
Panarukan
d. mengembalikan kekuasaan pemerintah
pada VOC
2. Setelah VOC bangkrut dan dibubarkan,
semua kekayaan utang piutang dan daerah
jajahannya diambil alih oleh ....
a. Republik Bataafsche
b. Pemerintahan Raffles
c. Pemerintahan Daendels
d. Pemerintahan Hindia Belanda
3. Selama Daendels berkuasa di Indonesia,
banyak terjadi kelaparan dan kematian,
sebab ia melaksanakan kebijakan ....
a. Kerja Romusha
b. Sewa Tanah
c. Kerja Wajib
d. Penyerahan Wajib
4. Akibat pembuatan jalan Anyer - Panarukan
bagi rakyat Indonesia adalah ....
a. ekonomi rakyat semakin meningkat
b. hubungan antardaerah semakin lancar
c. rakyat menderita dan banyak kematian
d. penjualan hasil bumi rakyat bertambah
lancar
5. Pada zaman pemerintahan Inggris (1811 –
1816) di Indonesia terjadi perubahan
penting di bidang politik, salah satu contohnya
adalah ....
a. mempersempit areal pertanian rakyat
b. memperkecil kekuasaan para bupati
c. memperkecil pemungutan pajak tanah
d. membebaskan rakyat dari tanam paksa
6. History of Java adalah sebuah buku hasil
karya Raffles yang berisi tentang ....
a. aturan-aturan pajak tanah di Jawa
b. cara-cara pemerintahan yang baik
c. sistem kekerabatan masyarakat Jawa
d. sejarah kebudayaan dan keindahan Jawa
7. Eduard Douwes Dekker mengungkapkan
kekejaman pemerintah Belanda di Banten
dalam bukunya yang berjudul ....
a. Max Havelaar
b. Een Eereschuld
c. Suiker Contracten
d. Du Contrak sosial
8. Salah satu nilai positif yang dapat dipetik dari
sistem tanam paksa di Indonesia adalah ....
a. Indonesia pengekspor tembakau besar
b. melimpahnya hasil pertanian di Indonesia
c. meningkatnya kesejahteraan penduduk
d. masuknya teknik pertanian Barat di
Indonesia
9. Antara ketentuan pokok sistem tanam paksa
dan pelaksanannya adalah ....
a. sesuai c. sama persis
b. menyimpang d. disesuaikan
0 komentar:
Posting Komentar